Analisis komputasi perbandingan temperatur pembakaran boiler menggunakan udara pembakaran konvensional dan pembakaran oxy-fuel

  • Ihsan Budiman Universitas Singaperbangsa
  • Reza Setiawan Universitas Singaperbangsa
  • Najmudin Fauji Universitas Singaperbangsa

Abstract

Pembakaran bahan bakar fosil merupakan penyebab emisi Karbon Dioksida (CO2) terbesar di dunia saat ini. Emisi CO2 sendiri menyebabkan efek rumah kaca dan pemanasan global. Boiler merupakan pembangkit uap yang menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas alam dalam pengoperasiannya. Boiler sendiri umum digunakan pada pembangkit uap utilitas dan pembangkit uap industri. Dalam operasionalnya, boiler konvensional berbahan bakar gas alam menggunakan udara untuk pembakaran yang mana kandungan gas Nitrogen (N2) pada udara biasa mencapai 79% yang melarutkan gas CO2 pada gas pembuangan, sehingga gas CO2 tersebut terbawa ke atmosfer. Beberapa teknologi yang bertujuan untuk mengurangi emisi CO2 diantaranya pre-combustion, post-combustion, dan oxy-fuel combustion. Metode numerik seperti Computational Fluid Dynamics (CFD) digunakan karena teknologi oxy-fuel memiliki keterbatasan dalam penggunaannya di dunia industri dan utilitas, serta membutuhkan biaya pengadaan yang besar. Berdasarkan hasil simulasi didapat temperatur maksimum pada pembakaran konvensional sebesar 1917ᵒC sementara pada pembakaran oxy-fuel temperatur yang dihasilkan sebesar 1857ᵒC. Meskipun begitu, distribusi temperatur pada pembakaran oxy-fuel lebih merata dibandingkan pembakaran konvensional sehingga penyerapan panasnya akan lebih baik. Hal ini dibuktikan melalui grafik perbandingan temperatur pada masing-masing dinding furnace. Hasilnya terjadi penambahan temperatur sebesar    7,8ᵒC pada dinding furnace bagian kiri, 7,7ᵒC pada dinding bagian bawah, 6,6ᵒC pada dinding bagian atas dan 6,2ᵒC pada dinding bagian belakang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-04
How to Cite
BUDIMAN, Ihsan; SETIAWAN, Reza; FAUJI, Najmudin. Analisis komputasi perbandingan temperatur pembakaran boiler menggunakan udara pembakaran konvensional dan pembakaran oxy-fuel. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 30-34, apr. 2021. ISSN 2597-7563. Available at: <http://jurnal.bkstm.org/index.php/jtmi/article/view/192>. Date accessed: 18 june 2021. doi: https://doi.org/10.36289/jtmi.v16i1.192.
Section
Mechanical Engineering