Pembuatan 3D model disc refiner dengan reverse engineering untuk mendukung substitusi impor

  • Anugrah Erick Eryantono Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Logam dan Mesin, Kementerian Perindustrian
  • Shinta Virdhian Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Logam dan Mesin, Kementerian Perindustrian
  • Deny Cahyadi Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Kementerian Perindustrian
  • Evi Oktavia Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Selulosa, Kementerian Perindustrian

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil produk pulp dan kertas terbesar di dunia. Namun, sektor industri ini masih bergantung pada teknologi dari luar negeri. Sehubungan dengan kebijakan pemerintah untuk mendukung substitusi impor, penggunaan barang dalam negeri harus ditingkatkan termasuk dari sektor industri ini. Oleh karena itu, teknik reverse engineering harus diimplementasikan dalam upaya menghasilkan komponen mesin disc refiner di industri lokal. Teknik ini merupakan suatu rangkaian proses yang dimulai dengan mengidentifikasi produk yang tersedia, kemudian memilih proses manufaktur yang sesuai dan menghasilkan produk yang sama atau modifikasi produk sebelumnya. Kajian ini akan menjelaskan cara menghasilkan model 3D dari disc refiner menggunakan 3D scanner dan perangkat lunak CAD sebagai tahapan penting dari teknik reverse engineering. Selain itu juga akan ditampilkan hasil uji komposisi material sebagai tahapan awal untuk menghasilkan modifikasi produk disc refiner. Hasil dari kajian ini juga dapat digunakan sebagai pedoman bagi industri manufaktur dalam negeri untuk meningkatkan daya saing, khususnya di sektor industri manufaktur mesin pengolah pulp dan kertas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-24
How to Cite
ERYANTONO, Anugrah Erick et al. Pembuatan 3D model disc refiner dengan reverse engineering untuk mendukung substitusi impor. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 86-91, apr. 2022. ISSN 2597-7563. Available at: <http://jurnal.bkstm.org/index.php/jtmi/article/view/301>. Date accessed: 28 may 2022. doi: https://doi.org/10.36289/jtmi.v17i1.301.
Section
Mechanical Engineering